Sabtu, 29 Oktober 2016

Belajar SEO Online Batch 3 Bareng Isah Kambali

Assalamualaykum Wr Wb

Salam SuksesMulia,

Halo sahabat learning partner, kali ini saya akan share hal pertama tentang belajar SEO atau Search Engine Optimizer yang dipadu oleh kaka keceh, Isah Kambali. Awal jumpa itu sekitar tahun 2015 di Komunitas Kuliah Nikah do Rabbani Rawamangun. Kaka ini sharing pengalamannya sebagai Digital Marketing yang suka Travelling. Saya cukup takjub ketika dia sharing, hingga akhirnya bisa berkunjung ke Makkah. Masha Allah, siapa yang tidak pengen ya :)


Nah, ketika beberapa minggu yang lalu saya mendapat email broadcast dari Kak Isah tentang kelas Online SEO. Berhubung saya sedang lepas dari kata embel-embel "karyawan office hours" saya pun ISENG. Ya, benar ISENG! 

Setelah tanya-tanya administrasinya, kemudian melakukan registrasi, dimasukkanlah saya ke dalam gurup online via platform Whatsaap pada tanggal 3 Oktober 2016, dengan judul "Group Artikel SEO batch 3" ada sekitar 40 peserta dari macam kota dan profesi.


Wow, network saya bertambah dong. Senengnya bukan main, Alhamdulillah. Kelas sendiri dimulai pada 5 Oktober 2016, akan ada 10x pertemuan yang langsung di-mentori oleh Kak Isah. Selama 2 hari sebelum masuk kelas, kita sharing-sharing, saling salam kenal antar grup. Semua member kelas SEO batch 3 adalah para pengusaha keren yang ingin mengikuti jejak keren Kak Isah. Awalnya, saya tak memiliki sama sekali niat ikut kelas ini untuk berdagang. Namun, akhirnya saya kompromi dengan diri, kapan lagi mau mencoba bisnis yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Saya pun semakin semangat :)

Adapun materi yang dipelajari selama dikelas, antara lain:
  1. Google Keyword Planner
  2. Anatomi Google Search
  3. Artikel SEO
  4. Artikel Soft Selling
  5. Artikel Hard Selling
Dan jangan kira ini hanya kelas yang begitu-begitu saja. Hampir tiap hari kita punya PR! Kalau enggak punya PR, di KICK OUT dari grup. Jadi kenapa harus rutin mengerjakan PR, agar kita terbiasa dengan tulis-menulis. 



Nah, serunya ketika kita mengalami kegagalan pada tahap praktek, Kak Isah benar-benar meng-coaching dengan baik. Dia tidak akan memberi solusi, dia hanya mengarahkan. Selebihnya benar-benar usaha dari kitanya sendiri.

Awalnya saya sempat kesal! Merasa dicuekin. Itu pada materi Google Keyword Planner saya sempat masuk ke room yang salah, alias apa yang diarahkan Kak Isah harus masuk ke tools yang mana, eh saya tidak bisa terus-menerus, dan ternyata saya tidak sendiri, ada beberapa teman yang mengalami nasib naas tersebut. Kak Isah hanya mengarahkan, ayok coba terus, clear history-nya. Hanya begitu.

Saya beneran sebel. Namun, saya teringat saya kan tidak sendiri. Maka saya pun berguru kepada teman-teman yang berhasil dan diskusi dengan teman yang mengalami hal yang sama, Alhamdulillah, masalah beres! Terkadang untuk bisa itu, kita harus punya inisiatif dalam belajar, dan Kak Isah sepertinya sedang memberi contoh kepada saya agar bisa melewati semua proses dan mengalaminya sendiri, agar ke depan bisa saja saya menggantikan Kak Isah di kelas SEO online lainnya, aamiin (he-he-he)

Kelas ini SEO Online batch 3 memang penuh kedinamisan. Kami juga ditemani dengan materi-materi e-book dang juga yang voice note yang kece badai. Sehingga menjadi lebih semangat dalam menyerap segala informasi yang diberikan oleh Kak Isah.

Hari-hari yang saya lalui setiap Senin - Jumat mulai Pukul 20 - 22 WIB sedikit suram. Karena setelah kelas online berakhir, PR pun menanti. Nggak tanggung-tanggung. Buat PR Hard Selling 10 artikel. Kemudian buat 3 blog baru. Buat artikel tentang usaha kita. Intinya paradigma, kita susah nulis lha, banyak kerjaan jadi sibuk lha, dan lha lha lainnya, benar-benar dihancurkan sama Kak Isah. Bahwa jika ada kemauan, semuanyanya akan mudah. Kalau nggak mau nggak masalah, Anda rugi banyak!



Wah saya adalah orang yang nggak mau rugi, maka di tengah-tengah kegiatan lainnya saya tetap mengerjakan PR, biarpun ngerjakannya di last minute! dan faktor kepepet itu memang berbuah baik bagi saya, hahah.. Tapi tentunya saya tidak akan membiasakan faktor kepepet ini lagi. Tidak baik ya :)

Tidak terasa Kelas SEO batch 3 juga akan berakhir, bagi peserta yang memiliki progres baik akan naik kelas. Semoga saya ada di salah satunya. aamiin

Baik sahabat learning partner, di sesi selanjutnya saya akan coba kupas lebih dalam SEO yang saya pelajari dari Kak Isah. Bagi teman-teman yang mau ikut bact selanjutnya, ayuk buruan. Boleh dilihat disini ya.


Wassalamualaykum Wr Wb

Salam Inspirasi,

Rizki Situmorang
Your Learning Partner

1 komentar: